Rabu, 11 September 2013

6 Manfaat Cabai bagi kesehatan

Manfaat Cabai – Makanan pedas tidak hanya dapat menggoyang lidah, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum anda ketahui. Bila anda mempunyai hobi makan makanan pedas, maka ada kabar gembira bagi anda. Pasalnya, makanan yang melibatkan cabai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun beberapa manfaat cabai bagi kesehatan adalah :
1. Baik untuk jantung
Cabai mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan bioflavinoids. Ketiga kandungan tersebut dapat memperkuat pembuluh darah, membuatnya menjadi elastis, dan dapat menyesuaikan diri dengan tekanan darah yang fluktuasi. Selain itu, ketiga kandungan tersebut dapat mengurangi jumlah fibrin di dalam darah dan ampuh dalam menurunkan kolesterol.

2. Mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit
Cabai mengandung komponen utama bernama Kapsaisin yang berperan utama dalam menghambat Substance P, zat yang berkaitan dengan proses inflamasi. Zat ini mengakibatkan migrain, sakit kepala, hingga sinus. Kapsaisin dikenal juga dapat merangsang pelepasan endorfin yang membunuh rasa nyeri akibat peradangan.

3. Melancarkan hidung tersumbat
Hidung anda sering tersumbat? Cobalah makan makanan pedas berkuah karena rasa panasnya akan merangsang sekresi dengan cara membantu proses terbukanya saluran pernapasan anda yang tersumbat cairan. Selain itu, kandungan pada cabai mengandung antibakteri yang dapat membantu memerangi infeksi sinus kronis.

4. Mendukung program diet
Sebuah penelitian menemukan bahwa kapsaisin dapat membantu mengurangi jaringan lemak dan membantu mempecepat proses metabolisme.

5. Membunuh sel-sel kanker
Menurut para ahli, kapsaisin yang ada pada cabai dapat membunuh sel-sel ganas penyebab kanker, terutama kanker prostat.

6. Menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi cabai bisa membantu untuk mengontrol kadar insulin sehabis makan hingga 60 persen.
Bagi orang Indonesia tentunya cukup mudah untuk menemukan makanan-makanan pedas yang kaya akan cabai, mengingat masakan khas Indonesia cenderung bercita rasa pedas. Namun demikian, sebaiknya anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan-makanan pedas karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan lambung anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar